Universitas Terbuka (UT) Majene menyatakan kesiapan penuh untuk bergerak cepat, atau ‘tancap gas’, usai mengikuti Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) Pemasaran UT Tahun 2025 yang diselenggarakan di Hotel Malioboro n Convention, Yogyakarta, pada 18–20 November 2025.
Rakortas berskala nasional ini mengusung tema ambisius: “Kita Lampaui 1 Juta Mahasiswa dengan Kolaborasi Hebat, Inovasi Radikal, dan Eksekusi Revolusioner.” Tema tersebut menjadi penegasan komitmen seluruh UT Daerah se-Indonesia untuk menyamakan visi dalam mencapai target besar UT yaitu 1 Juta mahasiswa pada tahun 2026.
Dihadiri Kemenko PMK dan Rektor UT
Acara penting ini menjadi forum strategis yang dihadiri oleh seluruh jajaran Direktur, Manajer Pemasaran, hingga penanggung jawab media sosial dari seluruh UT Daerah.
Pembukaan Rakortas dilakukan secara resmi oleh Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan Kemenko PMK, Prof. Dr. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D.
Dalam sambutannya, Prof. Ojat Darojat menegaskan bahwa UT harus menjadi motor penggerak dalam peningkatan akses pendidikan tinggi nasional.
“Strategi pemasaran harus berbasis data, adaptif terhadap perubahan teknologi, serta didorong dengan inovasi berkelanjutan. UT memiliki peran krusial dalam mencetak SDM unggul,” tegas Prof. Ojat.
Senada dengan Kemenko PMK, Rektor UT, Prof. Dr. Ali Muktianto, M.Si., menekankan pentingnya semangat kolaboratif dan ketepatan eksekusi dalam mempercepat laju pertumbuhan mahasiswa.
Selama tiga hari pelaksanaan, peserta Rakortas mendapatkan pembekalan materi yang sangat strategis dan berbasis data.
Materi-materi tersebut meliputi:
Strategi Marketing UT Pusat dan Daerah menuju proyeksi 1 juta mahasiswa. Fakta dan Data Insight Marketing UT yang mengungkap tren perilaku calon mahasiswa dan efektivitas berbagai kanal pemasaran.
Selain itu, forum juga membahas mendalam strategi penguatan media sosial, optimalisasi kemitraan, serta pendekatan inovatif dalam rekruitmen mahasiswa baru.
Suasana Rakortas menjadi sangat hidup dengan sesi diskusi interaktif dan berbagi praktik baik (best practice) yang terbukti sukses antar UT Daerah.
UT Majene Siap Jadi Bagian Kunci
Dengan bekal wawasan yang mendalam dan strategi yang diperkuat, UT Majene menyatakan kesiapan penuh untuk mengimplementasikan program pemasaran tahun 2025.
Semangat kolaborasi hebat, inovasi radikal, dan eksekusi revolusioner yang menjadi ruh Rakortas akan dipegang teguh sebagai energi utama UT Majene.
“Keberhasilan adalah hasil kerja kolektif. UT Majene siap menjadi bagian penting dari perjalanan besar ini dan berkontribusi nyata dalam pencapaian target 1 juta mahasiswa,” tutup perwakilan UT Majene.